6 Keuntungan Bekerja Sama dengan MSP

MSP Indonesia

MSP Indonesia adalah perusahaan yang mengelola infrastruktur TI pelanggan dan/atau sistem pengguna akhir dari jarak jauh, biasanya secara proaktif dengan model berlangganan. MSP sendiri adalah singkatan dari Managed Service Provider, yang dalam bahasa Indonesia berarti penyedia layanan terkelola.

Keuntungan Memilih MSP

Menurut situs web qwords.com, bekerjasama dengan penyedia layanan terkelola yang profesional, berpengalaman, dan handal akan memberikan sejumlah keuntungan seperti berikut:

  1. Menghemat Pengeluaran

Perusahaan-perusahaan besar biasanya membutuhkan banyak dana untuk menggaji tim IT yang profesional. Dana besar ini mungkin bukan masalah bagi perusahaan yang sudah kaya, namun bagaimana dengan perusahaan menengah dan kecil atau bahkan yang baru dirintis?

Jawabannya adalah menggunakan penyedia layanan terkelola alias MSP tadi. Penyedia layanan terkelola sendiri biasa beroperasi dengan tarif bulanan tetap, yang di dalamnya kadang sudah termasuk biaya untuk hal-hal seperti biaya konsultasi, perawatan dan perbaikan software atau hardware, dan sebagainya.

  1. Lebih Efisien

Saat suatu perusahaan memilih untuk menggunakan tim IT internal, maka perusahaan harus menyiapkan sejumlah biaya seperti gaji bulanan, tunjangan, asuransi, uang makan dan bensin, dll.

Selain itu, dibutuhkan juga waktu dan uang untuk melatih anggota staf agar terbiasa dengan sistem dan proses yang ada di perusahaan tersebut.

Namun ketika perusahaan mengalihdayakan tugas-tugas TI kepada MSP profesional, maka perusahaan telah bisa menghasilkan produktivitas maksimum dengan upaya dan biaya yang minimum, atau biasa disebut dengan istilah “efisien”.

  1. Data-Data Perusahaan Dijamin Aman

Seluruh data pelanggan MSP akan dialokasikan pada penyimpanan provider yang salah satu kelebihannya adalah membantu mengamankan data-data penting dan sensitif, serta lebih optimal karena orang-orang yang menanganinya adalah para profesional berpengalaman.

Selain itu, firewall canggih yang digunakan MSP juga sangat membantu dalam mendeteksi virus dan malware, sehingga sistem TI perusahaan akan lebih aman karena tidak akan mudah dicuri dan disalahgunakan oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.

  1. Waktu Respon Lebih Cepat

MSP seringkali menyediakan layanan pelanggan 24/7 yang sangat diperlukan untuk memastikan keamanan perusahaan. Layanan ini juga bisa memberikan respon cepat kapanpun dibutuhkan (pagi, siang, malam, akhir pekan, atau bahkan saat libur nasional sekalipun).

  1. Ahli, Berpengalaman, dan Update

Salah satu keuntungan terbesar yang bisa didapat oleh perusahaan saat bekerja sama dengan MSP berpengalaman adalah bergabung dengan tim yang memiliki kualifikasi, keterampilan, sertifikasi, dan sudah terlatih serta pengalaman dalam industri ini.

Saat bermitra dengan MSP, bisnis Anda juga memiliki akses ke teknologi terbaru dan teknologi tersebut dapat diimplementasikan dengan cepat serta lancar untuk memajukan perusahaan.

  1. Pemantauan Proaktif

Selain memiliki skill dan pengalaman, MSP juga akan membantu pelanggan untuk memantau dan mengelola TI perusahaan serta membantu mendeteksi masalah awal sebelum masalah berkembang menjadi serius. Bahkan ketika ada masalah serius, MSP akan memberikan solusi yang tepat dengan cepat.

Bekerja sama dengan MSP dapat mempermudah pekerjaan perusahaan dan menghemat pengeluaran sehingga perusahaan dapat fokus pada hal-hal yang paling penting. Salah satu MSP terbaik yang ada di negeri yang bisa dijadikan pilihan adalah hypernet.co.id.

 

 

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.