Cek Sederet Ide untuk Event Online

Sebelum pandemi melanda, pastinya kalian sudah familiar dengan segala kegiatan online. Yang paling gampang ya pesan kendaraan dan makanan secara online pastinya kamu udah sering lakukan dong ya! Dengan adanya pandemi, transaksi-transaksi online ini semakin meningkat. Selain transaksi di atas, bahkan sekarang dari beli asuransi online atau pesan kebutuhan rumah cuma tinggal klik saja. Tapi tetap tidak bisa dipungkiri pasti kamu juga kangen dengan kegiatan offline secara tatap muka, seperti hadir disebuah event konser ataupun pameran. Apalagi bagi seorang pengusaha, pastinya event offline sangat berpengaruh besar untuk membuka peluang pasar. Padahal ternyata, kegiatan event secara online juga bisa dilakukan loh! Apa saja kira-kira ya jenis event-nya? Mari kita bahas bersama.

  1. Webinar

Webinar pastinya menjadi salah satu event yang biasanya diikuti oleh mahasiswa atau pekerja. Bagaimana tidak, webinar sendiri penyelenggaraannya sangat mudah tapi bisa memberikan manfaat bagi yang mengikuti kegiatan ini. Secara garis besar, webinar biasanya berisi satu pembicara yang dipandu oleh moderator dan diikuti oleh peserta dari berbagai macam daeran. Hanya bermodalkan laptop dan jaringan internet, bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa menyerap informasi yang disampaikan oleh pembicara tanpa harus keluar rumah. Webinar ini menjadi salah satu kegiatan penting dan efektif bagi industri untuk tetap melaksanakan event.

  1. Konser Musik Online

Di masa pandemi ini menjadi sebuah ancaman besar bagi para pelaku di industri hiburan salah satunya adalah mengadakan konser. Konser yang biasanya dihadiri oleh banyak peserta ini terpaksa di tunda pelaksanaannya hingga situasi aman dan kondusif. Namun, ternyata hal ini bisa diakali dengan mengadakan konser secara online. Dilansir dari Event Brite, mengadakan konser music online dapat menghemat biaya pengeluaran mulai dari membuat panggung, sewa tempat, dan lainnya. Menurut Konta, dari 17,4 juta pengguna internet di Indonesia, terdapat lebih dari 80% yang melakukan steaming music dan 99% yang menonton konten video online. Nah, siapa artis yang sudah kamu tonton konsernya secara online nih?

 

 

  1. Job Fair Online

Sama dengan job fair offline, job fair yang dilakukan secara online ini hanya berbeda dari sisi keterhadiran sang pencari kerja tidak hadir secara langsung namun hanya dengan bermodalkan kuota dan internet saja. Bagi para recruiter, hal ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk tetap menemukan talenta terbaik bagi perusahaan ketika masa pandemi ini. Interview pun bisa dilakukan hanya dengan melakukan panggilan video secara 1 on 1.

  1. Virtual Tour

Bagi para pelaku bisnis pariwisata hal ini patut untuk dicoba, yaitu dengan mengadakan virtual tour. Dengan adanya virtual tour ini, kamu bisa tetap merasakan jalan-jalan ke destinasi wisata dengan dipandu dengan guide yang menjelaskan berbagai macam informasi. Tidak merogoh kocek yang dalam, kamu bisa lakukan hal ini supaya tetap bisa mendapatkan asupan hiburan dan mungkin bisa jadi referensi untuk berwisata secara offline ketika nanti sudah kondusif.

  1. Review Film

Tidak hanya beberapa sector industri yang udah disebutkan di atas, sector hiburan untuk perfilman juga mengalami penurunan. Sekarang pun banyak platform yang hadir untuk menggaet para penikmat film untuk menonton di rumah. Di sini, bisa diselipkan acara kegiatan mereview film. Penyelenggarakan bisa menghadirkan para peserta untuk berdiskusi mengenai film yang akan ditonton bersama. Hasil akhir dari review akan dikumpukan diakhir acara.

Semoga dari kelima ide event secara online ini bisa menjadi inspirasi bagi para pelaku bisnis agar tetap bisa menggaet para penikmat industri baik hiburan atau lainnya.

 

 

 

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.