Jelang Kedatangan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia U19 Fokus Tingkatkan Kemampuan

Punggawa Timnas Indonesia U19 terus mengasah kemampuan jelang kepulangan sang pelatih kepala, Shin Tae yong. TC Timnas Indonesia U19 di Jakarta kini memasuki pekan keempat dengan fokus pelatihan utama fisik pemain, sejalan dengan arahan Shin Tae yong. Namun, staf pelatih Timnas Indonesia U19 tak meninggalkan faktor lain yang dapat menunjang kemampuan punggawa Garuda Muda.

Asisten Pelatih Timnas, Nova Arianto, membeberkan perkembangan punggawa Garuda Muda setelah TC memasuki pekan keempat. "Para pemain terus menunjukkan progres yang baik setiap harinya," ujar Nova Arianto dikutip dari . "Berbagai variasi menu latihan terus kami berikan kepada pemain."

"Kami berharap pemain terus kerja keras, fokus, dan disiplin," sambungnya. Diketahui, TC Timnas Indonesia U19 masih bertempat di Stadion Madya Jakarta, sembari menunggu kepastian tanggal keberangkatan ke Spanyol. Sejatinya, prakiraan tanggal keberangkatan Timnas U19 Indonesia pernah diungkap Pelaksana tugas Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Kala itu, Timnas Garuda Muda diwacanakan berangkat ke Spanyol sekira tanggal 3 atau 5 Desember. "Kalau tidak tanggal 3, ya tanggal 5 Desember (2020) untuk berangkatnya," ungkap Yunus Nusi. "Dari Kedutaan Besar Spanyol sudah oke."

"Tinggal menunggu kabar dari sana bisa masuk apa tidak." Namun, dengan mundurnya kedatangan pelatih Shin Tae yong ke Indonesia, otomatis membuat keberangkatan Timnas U19 ke Spanyol juga molor. "Untuk kedatangan coach Shin itu dia mintanya tanggal 11 Desember 2020," ujar Yunus Nusi dikutip dari BolaSport.

"Iya awalnya memang road mapnya harusnya 1 Desember sudah di Jakarta." "Jadi ya disesuaikan (dengan kedatangan Shin Tae yong)," sambungnya. Selain menunggu kedatangan Shin Tae yong, PSSI pun masih menunggu road map bagi Timnas U19 Indonesia.

Road map tersebut kemungkinan berisi rencana Shin Tae yong bagi skuad Garuda Muda selama melangsungkan TC di Spanyol. "Kami menunggu road map dari coach Shin Tae yong," terang Yunus Nusi. "Dalam waktu satu atau dua hari ini akan diberikan ke PSSI."

Yunus Nusi pun memberi bocoran kota yang akan dituju Timnas U19 sebagai lokasi TC. Menurutnya, Timnas Garuda Muda berpeluang besar mengadakan TC di kota Cataluna atau Katalunya. "Kami akan ke kota Cataluna (Katalunya)," sambung Yunus Nusi.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan keinginan Shin Tae yong membawa Timnas U19 melakukan TC di luar negeri. Iwan Bule, sapaan akrabnya, mengungkapkan Shin Tae yong tak mau asal tunjuk negara mana yang akan dijadikan lokasi TC Timnas U19. "Shin Tae yong tidak mau Timnas U 19 Indonesia TC di Korea Selatan," tutur Iwan Bule

"Dia malah maunya TC di Eropa," lanjutnya. Namun, Iwan Bule meminta publik sepak bola Indonesia untuk bersabar. Sebab, proses komunikasi dan lobi dengan negara yang ingin dituju tak semulus yang diinginkan.

Pandemi Covid 19 membuat banyak negara berpikir ulang untuk menerima orang dari negara lain. "Negara negara eropa sedang menutup diri juga," ujar Iwan Bule "Akan tetapi di Spanyol juga tengah ada gelombang kedua Covid 19."

"Shin Tae yong tidak mau di Korea Selatan karena tim tim di Eropa lebih bagus." sambungnya.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.