PROFIL Franco Morbidelli, Pembalap Tercepat di FP1 MotoGP Qatar 2021, Peraih Runner Up Musim Lalu

Berikut profil Franco Morbidelli, Petronas Yamaha SRT yang keluar sebagai tercepat di latihan bebas (FP) pertama MotoGP Qatar 2021. Franco Morbidelli menjadi yang dalam FP1 MotoGP Qatar 2021 di Sirkuit Losail, Qatar, pada Jumat (26/3/2021) malam WIB. Pembalap asal Italia tersebut menjadi yang tercepat di FP1 MotoGP Qatar 2021 dengan catatan waktu 1 menit 54.921 detik.

Ia berada di atas dua pesaingnya Aleix Espargaro dari Aprilia dan Jack Miller pembalap Ducati. Morbidelli musim ini akan berbagi garasi dengan legenda MotoGP, Valentino Rossi. Menyongsong balapan musim 2021 ini, Morbidelli merasakan antusiasme yang tinggi setelah beristirahat pada musim dingin lalu.

Antusiasmen pembalap kelahiran 12 Desember 1994 ini berhasil diwujudkan dengan menjadi yang tercepat di FP1 MotoGP Qatar 2021. “Benar, kami di sini sekarang. setelah tes terakhir inilah saatnya untuk kembali mengaspal dan saya merasa siap," ujar Franco Morbidelli dikutip dari laman GPone. "Saya tidak tahu apa yang diharapkan dari musim 2021 ini, saya jelas mengacu pada pandemi yang terus berlanjut.

"Saya berharap situasinya lebih normal daripada tahun lalu. Yang pasti ada antusiasme dan keinginan yang besar untuk balapan," akui Morbidelli. "Untuk memulai kembali dari seluruh paddock, setelah istirahat musim dingin yang panjang." tambahnya. Morbidelli sendiri pada balapan MotoGP 2020 musim lalu berhasil mengamankan gelar runner up.

Dirinya berhasil mengukuhkan gelar runner up MotoGP 2020 dengan catatan 5 menempati podium. Rinciannya 3 kali juara, dan sisanya masing masing 1 kali finish di urutan kedua dan ketiga. Secara total, pembalap yang lahir di Roma, Italia tersebut mengumpulkan 158 poin.

Morbidelli pada musim lalu berada di bayang bayang Fabio Quartararo yang kini hijrah ke tim utama Yamaha. Ia bahkan tampil lebih meyakinkan daripada El Diablo sejak pertengahan hingga akhir musim. Catatan 3 kali juara seri dan 5 kali podium ini malah lebih baik daripada Fabio Quartararo.

Rekan setimnya itu hanya mampu juara di 3 seri dan naik podium selama 3 kali dari total 14 seri balapan. Adapun, tiga seri yang dijuarai oleh Franco Morbidelli adalah MotoGP San Marino, MotoGP Teruel dan MotoGP Valencia. Franco Morbidelli lahir di Roma dan sekarang tinggal di Tavullia yang kaya akan olahraga motor, ia meraih gelar Superstock 600 pada tahun 2013 bersamaan dengan pertandingan wildcard Kejuaraan Dunia di Moto2 di Misano, Motegi dan Valencia.

Dia kemudian menandatangani kontrak dengan Italtrans Racing Team untuk kampanye penuh pada 2014 dan melanjutkan dengan mereka pada 2015, membuat debut podiumnya di Indianapolis. Sayangnya patah kaki yang dideritanya selama sesi latihan motorcross membuatnya absen beberapa balapan setelah Brno, dengan Morbidelli kembali untuk menyelesaikan musim tetapi jauh dari kondisi sebelumnya. Untuk 2016 ia menandatangani kontrak dengan tim Estrella Galicia 0,0 Marc VDS yang sangat sukses dan meraih podium yang luar biasa, mengakhiri tahun di luar tiga besar dalam perebutan gelar setelah kejuaraan yang mengesankan.

Tahun berikutnya 2017, Morbidelli bertahan dengan EG0, 0 Marc VDS dan meraih tiga kemenangan pertama hingga memimpin klasemen selama seluruh musim dan merebut gelar di GP Malaysia, dari STK600 menjadi Juara Dunia dalam empat tahun. Dia pindah ke kelas utama dalam tim EG 0,0 Marc VDS yang sama pada tahun 2018 dan meraih penghargaan Rookie of the Year. Musim 2019 melihat Morbidelli bergabung dengan Petronas Yamaha SRT, mengambil tujuh finis enam besar yang solid.

Itu menjadi lebih baik bagi orang Italia karena kelas master di Misano melihatnya meraih kemenangan perdana MotoGP, dan dia menambahkan dua lagi di GP Teruel dan Valencia untuk tiga kemenangan balapan terbaik bersama pada tahun 2020. Dengan dua podium lagi membuatnya melompat ke posisi kedua dalam klasemen Championship. Performa itu membuatnya menjadi salah satu pesaing utama untuk meraih gelar pada 2021, dan sekarang bermitra dengan mentor dan Juara Dunia sembilan kali Valentino Rossi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.